Ini Dia Bisnis Franchise Yang Bisa Kamu Beli Seharga Rp. 100 juta

“I choose a lazy person to do a hard job. Because a lazy person will find an easy way to do it.” – Bill Gates

Apakah kamu familiar dengan quotes itu? Dikutip dari Duitpintar.com, Bill Gates pernah berkata bahwa dia akan memilih orang yang malas untuk mengerjakan sebuah pekerjaan berat, karena orang yang malas akan mencari cara yang mudah untuk mengerjakannya. Eits, tunggu dulu.. Bukan berarti hal ini mendefinisikan bisnis Franchise sebagai bisnis yang malas ya! Quotes dari Bill Gates tersebut tak lain mengingatkan saya akan cara bisnis yang lebih mudah dikerjakan dengan sistem Franchise.

Kenapa? Seperti yang disebutkan dalam jurnal penelitian dari UII, dalam sebuah Bisnis Franchise, seorang Franchisee tidak perlu memulai usahanya dari nol. Dengan memegang Franchise, bisnis yang dimilikinya akan lebih cepat berkembang lantaran jaminan “nama baik” yang sudah dimiliki Franchisor. Nah, disinilah letak daya tarik sekaligus keunggulannya.

Membahas berapa besaran modal yang harus dikeluarkan, rentang nya sangat luas, tergantung dari seberapa kuat ekuitas merek yang akan dibeli dan juga ragam produk nya. Jika berandai-andai kita sudah menyiapkan uang Rp. 100 juta, ternyata ada beberapa merek produk yang bisa kalian pertimbangkan dengan sistem bisnis franchise, diantaranya adalah: Klenger Burger dan Bakso Kota Cakman dari Kategori Makanan & Minuman, lalu Salon Moz5 (baca: Mozlima) dari Kategori Kecantikan.

Baca juga: 3 Aplikasi Yang Berguna Mengurangi Pengeluaran Kamu

1. Klenger Burger

Brand dengan spesialisasi burger ini mulai beroperasi pada tahun 2006. Kala itu, outlet yang berada di Pekayon, Bekasi Selatan menjadi outlet pertama muncul nya Klenger Burger tersebut. Berawal dari konsep kedai, Klenger Burger kini mempunyai konsep baru yang lebih modern, seperti outlet nya yang berada di Tebet, Jakarta Selatan.

Diambil dari salah satu jurnal penelitian oleh Universitas Indonesia, Velly Kristianti sebagai Managing Director Klenger Burger ini menyebutkan bahwa bisnis burger nya mampu mencapai ROI dalam waktu 7 bulan dan pernah mencapai penjualan tertinggi sebesar Rp. 1,58 Miliar dalam 1 bulan. Harga paket terendah yang mereka tawarkan untuk menjadi Franchisee Klenger Burger ini mulai dari Rp. 100 juta untuk tipe terendah, dimana mereka menawarkan 3 tingkatan tipe outlet, yaitu: Green Box, Yellow Box, dan Red Box. Untuk Outlet Green Box, omset yang diraup Klenger dapat mencapai lebih dari Rp2 juta/hari, Yellow Box Rp1—Rp1,5 juta/hari, Red Box kurang dari Rp1 juta/hari. (Diambil dari eramuslim)

Nah, gimana guys? Sudah terbayang belum hitungan P&L nya untuk memulai franchise Klenger Burger ini?

2. Bakso Kota Cakman

l33mitvwvsgunhuv-238-bakso-kota-cak-man-1479960441_1

Terlihat jelas dari nama brand nya, brand yang mempunyai spesialisasi menjual bakso ini memulai bisnis nya pada akhir tahun 2004. Outlet Bakso Cakman ini berawal hanya dari 6 outlet saja yang kemudian bertambah mencapai 90 outlet pada tahun 2014 di seluruh Indonesia.  Hal ini hampir mirip dengan banyaknya jumlah outlet Watsons di Indonesia yang mencapai sekitar 80-an outlet, bedanya kali ini adalah outlet bakso.

Baca juga: 5 Fakta Tentang Watsons

Dikutip dari Blog Forum UKM, investasi yang harus disiapkan untuk menjadi Franchisee Bakso Cakman ini adalah minimal sebesar Rp. 50 juta. While In return, kamu juga akan mendapatkan omzet setiap bulannya yang mencapai ratusan juta rupiah. Wah, menggiurkan juga ya?

3. Salon Moz5

ijjjikeq_400x400

Berbeda dari 2 kategori bisnis sebelumnya, Salon Moz5 ini merupakan bisnis dari kategori kecantikan yang menargetkan para muslimah sebagai pasar nya. Didirikan pada Tahun 2002 oleh Yuli Astuti, Salon Moz5 kini sudah mencapai 20 cabang yang tersebar di beberapa Kota di indonesia, seperti: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Palembang, dan Banjarmasin. (Diambil dari: Bisnis Waralaba)

Jika ada yang berminat untuk menjadi Franchisee, Moz5 juga menawarkan paket investasi dimulai dari Rp. 57 juta, dimana sudah termasuk satu set peralatan lengkap salon, furniture salon, plus juga adanya pelatihan dan bimbingan professional dari Moz5. (Diambil dari: Detik.com)

Saya sendiri jika dengan uang Rp. 100 juta sih nampaknya tertarik memulai franchise dengan Bakso Cakman nih. Kalau kamu yang mana? Yuk, jawab di kolom komentar ya. 🙂


2 thoughts on “Ini Dia Bisnis Franchise Yang Bisa Kamu Beli Seharga Rp. 100 juta

Comments Box

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s