Ketika Otakmu Lebih Produktif Dengan Blogging

Kita semua tahu bahwa otak manusia dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu otak kanan (right brain) dan otak kiri (left brain). Otak kanan akan menggerakkan sisi kreatif mu, sedangkan otak kiri akan menggerakkan sisi logika mu.

“Pernahkah kamu merasa lebih tenang dan bahkan jauh merasa lebih produktif setelah selesai menulis?”

Yes, kamu ngga sendirian. Karena saya merasakan hal yang sama dan saya yakin teman-teman blogger pun mengalami hal serupa.

“Hal ini disebabkan karena menulis merupakan suatu proses dari ‘hasil kerja’ gabungan antara otak kanan dan kiri.”

Aktivitas menulis ini melibatkan kemampuan verbal, karena bermain dengan memproses berbagai kata-kata dan juga non-verbal, bagaimana kamu mengimajinasikan nya yang kemudian diatur agar kata-kata tersebut menjadi satu kesatuan yang solid pada sebuah tulisan. Seperti dikutip dari Diffen.com, kemampuan verbal diatur oleh otak kiri dan non-verbal oleh otak kanan.

That’s why I’m a fan of writing & blogging. 🙂

Memunculkan Ide & Kreativitas

Disaat kamu menulis artinya kamu mencurahkan sesuatu dari otak kamu. Curahan tersebut ternyata mengaktifkan sel-sel pada otak kita untuk menjadi lebih fokus dan mencapai yang namanya flow. Secara singkat, ‘flow’ ini diartikan sebagai suatu proses dalam menjalankan aktivitas hingga mencapai konsentrasi penuh tanpa distraksi sedikitpun. Saat kamu mencapai ‘flow’, tanpa disadari semua ide & kreativitas mu dipastikan akan muncul karena kamu terhanyut dalam duniamu sendiri. Pada tahapan seperti inilah yang paling saya sukai saat menulis, karena saya mencapai ‘FLOW’! Kamu pernah nggak sih mengalami ‘flow’ juga saat menulis? Yuk, jangan lupa dijawab di comment ya!

Mengasah Kemampuan Daya Ingat

Apakah kamu pernah mengalami saat kamu mengetik atau menulis sesuatu lalu disaat kamu mencari catatan tersebut tanpa disadari kamu mengingat apa yang kamu ketik atau tulis tersebut? Ini bukan kebetulan loh guys. Otak kamu memang akan lebih aktif mengingat sesuatu saat kamu menulis atau mengetiknya.

Kebayang kan semakin banyak menulis atau mengetik, semakin kuat juga daya ingatmu?

Blogging to Improve Writing

The more you write, the more you read. Menjadi penulis yang sukses adalah dengan membaca sesering mungkin yang tak lain untuk dijadikan referensi mu untuk menulis. Maka dari itu, semakin sering kamu membaca dan menulis, semakin berkualitas juga konten tulisanmu. Kamu mau jadi penulis berkualitas juga kan? 🙂


22 thoughts on “Ketika Otakmu Lebih Produktif Dengan Blogging

Comments Box

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s