Tips Sebelum Melakukan Maternity Shoot

Semenjak booming nya Instagram sebagai satu-satunya platform yang merangkum hobi foto kamu, dari situlah berangkat bahwa fotografi bukan saja kebutuhan sampingan, tapi juga sebagai kebutuhan pendukung untuk membangun image setiap orang. That’s why, a picture is worth a thousand words.

Maka dari itu, sebagai momen yang bahagia atas kehamilan kamu, jika terinspirasi akan melakukan foto kehamilan atau maternity shoot untuk diabadikan, berikut ini tips yang sudah saya lakukan sebelum maternity shoot. Siapa tau bisa berguna untuk kalian para bumil.

Usia Kehamilan

Banyak perempuan yang ingin terlihat lebih langsing saat di foto, tapi jangan sekali-kalinya terapkan hal ini untuk maternity shoot moment kamu. Tunjukkan betapa lucu nya perut kamu saat usia kehamilan makin matang. Believe me, it’s really cute! Nah, melihat hal itu ada baiknya saat usia kehamilan kamu memasuki trimester III (diatas week 30) merupakan saat yang tepat untuk maternity shoot, karena ukuran perut kamu sudah makin terlihat membesar.

Lokasi Foto
Indoor maupun outdoor tergantung pilihan kamu. Jika kamu memilih indoor, hal ini akan lebih memudahkan pergerakan kamu dan menghemat energi, apalagi saat trimester ketiga, badan akan terasa lebih lelah dibandingkan trimester sebelumnya. Selain itu, pilihan foto indoor juga terlihat lebih intim dengan pasangan karena akan fokus pada kita sebagai objek dibandingkan dengan landscape atau pemandangan nya.

Indoor di rumah
Indoor di rumah lebih private dan nyaman  (Sumber: Google Image)
Indoor di studio
Indoor di studio lebih simple dan praktis (Sumber: Google Image)

Tapi, meskipun begitu lain lagi ceritanya jika kamu lebih menyukai tantangan yang berada di lokasi outdoor. Pastikan kondisi fisik kamu segar bugar, membawa persiapan yang lebih banyak dan sebaiknya mulailah se-pagi mungkin, agar panas nya udara tidak mengganggu penampilan kamu yang lebih mudah lelah saat hamil. Pssst… Tips pengambilan foto di pagi hari untuk lokasi outdoor ini saya dapatkan dari fotografer loh!

Outdoor foto lebih challenging! (Sumber: Google Image)

Tema & Dress Code
Silakan Googling sepuasmu untuk mencari-cari tema foto seperti apa yang akan kamu inginkan. Tapi untuk yang lebih spesifik, Pinterest dan Instagram merupakan platform andalan sebagai inspirasi. Coba ketik keyword #maternityshoot dan kamu akan melihat ribuan foto yang muncul, mulai dari tema casual, elegan, mewah, lucu dan lain sebagainya. Jangan lupa sesuaikan tema & dress code dengan kemampuan fisik bumil yang relatif terbatas dan cepat lelah.

Menentukan Fotografer Pilihan Sesuai Budget
Tahapan inilah yang paling sulit! Menjamurnya fotografer dengan berbagai keunggulannya pastinya akan membuat kamu bingung. Pemilihan fotografer ini saya serahkan sepenuhnya pada Instagram. Kalian bisa coba cek beberapa instagram nya fotografer berikut:

1. Photographer @rickylphoto

Sayang, akun IG ini tidak responsif saat ditanyakan price list 😦

2. Photographer @giantandfriends atau di website nya giantandfriends

3. Photographer @bestfotostudio atau di website nya (sudah tercantum price list): Bestfotostudio Nah, dan ini dia hasil foto-foto dari dokumen pribadi hasil foto di @bestfotostudio :

Ayo tebak, tema foto apa yang saya ambil kalau lihat dari gambar diatas? share jawaban kamu di comment ya! 🙂


Comments Box

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s