Bukit Moko ; Sisi Indah Bandung

Kota Bandung kota kuliner.

Kota Bandung kota pelajar.

Kota Bandung kota kreatif  dan masih banyak lagi lainnya mengenai Kota Bandung, yaitu kota yang membesarkan saya dari Sekolah Dasar sampai saya mahasiswa sekarang ini. Bandung mempunyai daya tarik tersendiri terhadap turis lokal maupun dosmestik akan kebudayaannya, sisi sejarah nya dan juga akan keindahan pemandangan alamnya, karena secara geografis Bandung merupakan wilayah dataran tinggi yang dikelilingi oleh pegunungan.

Berbagai tempat wisata di Bandung sebagian besar adalah wisata alam yang menonjolkan keindahan pemandangannya, seperti Gunung Tangkuban Perahu, Pemandian Ciater, Taman Hutan Ir. H. Juanda dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata alam lainnya. Selain itu, jangan  heran kalau di Bandung terdapat bukit-bukit dengan pemandangan indah yang dapat kita nikmati dengan duduk-duduk santai sambil ngopi karena terletak di daerah dataran tinggi, yaitu mencapai ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut pada titik tertingginya.

Salah satu bukit di Bandung yang cukup terkenal akan keindahan alamnya yaitu Bukit Moko. Bukit ini terletak di Desa Cimenyan, Bandung. Kebetulan saya pernah mengunjungi Bukit Moko dua kali dan memang pantas diacungkan 4 jempol akan keindahan alamnya. Memang untuk pencapaian ke lokasi Bukit Moko ini cukup menguras tenaga, karena tanjakan nya yang curam serta pengaspalan jalan nya belum begitu bagus karena masih berupa jalanan bebatuan. Selain menjadi tempat wisata mungkin Bukit Moko ini baik juga untuk kesehatan kita .Berikut beberapa foto yang diambil dari kunjungan ke Bukit Moko :

(Sumber gambar click pada foto)

(Dokumentasi Pribadi, Photographer by : Faiz Nahdi)

(Dokumentasi Pribadi, Photographer by : Faiz Nahdi)

(Dokumentasi Pribadi, Photographer by : Faiz Nahdi)

Tidak cukup hanya dengan menikmati keindahan alamnya saja, pada puncak Bukit Moko terdapat tempat peristirahatan yang dinamakan Saung Daweung yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman untuk menemani waktu santai kita di Bukit Moko. Seperti yang saya bilang sebelumnya, ketika pencapaian ke Bukit Moko adalah suatu perjuangan yang cukup melelahkan, hal tersebut bukanlah hambatan yang menjadikan saya cukup sekali berkunjung ke Moko. Mungkin inilah yang dinamakan ‘wisata jiwa’. Menurut saya, selain spa dan jenis-jenis relaksasi lainnya yang dapat melepaskan kita dari pikiran-pikiran akan rutinitas sehari-hari, wisata alam mengunjungi tempat-tempat indah juga merupakan ‘terapi jiwa’.  

Tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk menyaksikan pemandangan alam yang indah di sekitaran kita. Indonesia dengan segala jenis keunikan adat dan budaya nya saja belum semuanya saya kunjungi. Namun mungkin memang terdapat perbedaan dari sisi pengelolaanya. Bukan berarti pariwisata di Indonesia kurang baik, namun kurang memperhatikan aspek-aspek detail yang sesungguhnya sangat penting bila mengunjungi tempat wisata. Contoh nya saja bila dilihat dari aspek kebersihan nya. Kalau di negara-negara Eropa maupun Amerika, justru aspek tersebut lah yang paling penting karena dapat mempengaruhi kenyamanan pengunjungnya. Bahkan, Bukit Moko pun sebagai tempat paling indah di Bandung saja saya masih menemukan sampah-sampah berserakan di sekitar kita bersantai.

Ya, semoga untuk para pembaca dan juga pengunjung wisata alam seperti saya ini agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan kita. Sayang kan kalau bukit seindah Moko di kotori dengan kecerobohan kita sendiri?

Tulisan ini berhasil menjadi JUARA FAVORIT  dalam Lomba Menulis Artikel dengan Tema Pariwisata oleh KotaAngin.com (Click Here)


9 thoughts on “Bukit Moko ; Sisi Indah Bandung

Comments Box

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s